Daftar sekarang

Masuk, bos

Lupa Password

Lupa Password? Masukkan email. Kami akan kirimkan link perbaikan

Masuk

Daftar sekarang

Ayo bergabung di NUBACKPACKER

Mencetak Penulis  Muda NU Yang Kreatif dan Produktif

Mencetak Penulis Muda NU Yang Kreatif dan Produktif

Dalam rangka  meningkatkan semangat menulis dan jurnalistik dikalangan keluarga Nahdliyin, NU Backpacker adakan kegiatan Kelas menulis yang diikuti oleh 60 Peserta perwakilan dari kota dan kabupaten Se Jateng-D.I.Y.

Acara yang mengambil tema “Merekam Perjalanan, Menulis keabadian” ini dibuka sejak tgl 31 Januari 2020 dan akan berakhir 2 Februari 2020. digedung Balai Desa Tlahab, Kec Kledung, Kab Temanggung.

Rino priatama selaku dari NU backpacker pusat menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan kelas menulis ini untuk menjaring SDM kader NU Backpacker yang mempunyai bakat dibidang jurnalistik. Agar setiap perjalanan temen-temen NU Backpacker mampu dituangkan dalam bentuk tulisan, entah nanti mau menulis sejarah tempat asal, tempat -tempat yang dikunjungi, ataupun juga sejarah”

“Wajar Sobat-sobat NU Backpacker itu sukanya Ziarah, Sowan, dan Dolan. Supaya setiap perjalanan kita semua terekam, Setidaknya kita perlu memulai untuk menulis”. Imbuh Rino.

KH Furqon Mashuri Selaku Pengurus  Cabang Nahdlatul Ulama Kab Temanggung sangat mengapresiasi adanya kegiatan semacam ini. beliau juga sangat bertrimakasih kepada panitia yang sudah mau mengundang PCNU Temanggung.

“Pemuda-pemuda  seperti inilah yang saat ini dibutuhkan. kita punya banyak sekali Sejarah-sejarah, punya banyak sekali Kyai-kyai yang keilmuannya tinggi. Semoga dengan adanya acara kelas menulis ini nantinya kalian semua bisa menulis sejarah-sejarah , Biografi Kyai-kyai  dan Syiar dimedia Sosial lewat tulisan-tulisan kalian.”

“Apalagi generasi saat ini khususnya temen-temen  semua punya akses yang lebih untuk mendapatkan beragam informasi. dengan adanya ini nantinya kalian bisa menjadi bagian dri penulis informasi dan penulis sejarah. Sehingga, saya berharap dengan adanya edukasi dan keterampilan yang baik, Temen-temen semua mempunyai kesempatan untuk lebih produktif dalam bermedia social”.Imbuh Beliau

“Tentunya kami selaku orang tua hanya bisa mendukung dan mendoakan semoga ini merupakan proses pembelajaran buat kalian semua. dan setelah selesai acara ini kalian benar-benar  bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk siar dimedia social”. Pungkasnya.

Pembukaan Kelas Menulis ini dihadiri Langsung Oleh PCNU Temanggung, Bupati temanggung yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, PC GP Ansor Temanggung, Kasatkorcab Banser Temanggung, Kepala Desa Tlahab, Tokoh agama yang ada di Desa Tlahab, dan seluruh peserta Se Jateng – D.I.Y.

Dilanjut dihari kedua, dengan beberapa materi tentang Jurnalistik tidak tanggung-tanggung materi ini disampaikan langsung oleh Mas Hamzah Sahal seorang Founder Alif.id, dan penulis buku “ Ulama Bercanda, Santri Tertawa” beberapa materi Pemetaan tentang Dunia Media Sosial (Sosial Media Maping ) juga didapatkan oleh  peserta dari Koordinator NUBACKPACKER lingkar Pusat Sobat M.Hidayatullah atau kerap kali di sapa Mbah Doyok,kemudian  juga ada teknik-teknik dasar dalam penulisan yang disampaikan oleh Ahmad Naufa Khoirufaizun, Pembina NU Backpacker,  Beliau juga merupakan kontributor NU Online

Hari terakhir ditutup dengan Follow Up kegiatan, Peserta kelas menulis diterjunkan langsung di masyarakat untuk menggali beberapa sumber yang ada di Masyarakat sekitar. Sebelum terjun di masyarakat seluruh peserta dan panitia Ziaroh terlebih dahulu di Petelisan Pangeran Sindoro, yang merupakan situs sejarah dari Desa tersebut. Dan barulah seluruh peserta melakukan observasi pencarian berita keliling desa. Berita tersebut anatara lain meliputi Kebudayaan,Pariwisata,dan Sejarah yang ada di desa  itu sendiri.  Harapannya dari beberapa materi yang sudah disampaikan, para peserta bisa mengimplementasikannya langsung dari sumber yang sudah mereka dapatkan.

Acara kelas menulis ditutup dengan Tumpengan, sekaligus syukuran memperingati Hari Lahir Lahir Nahdlatul Ulama yang ke-94. Tidak ketinggalan kelas menulis ini juga melibatkan masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam kegiatan Donor darah bersama peserta kelas Menulis.(Rosyid Nyot-Nyot)

Tinggalkan balasan