Daftar sekarang

Masuk, bos

Lupa Password

Lupa Password? Masukkan email. Kami akan kirimkan link perbaikan

Masuk

Daftar sekarang

Ayo bergabung di NUBACKPACKER

NU Back Packer Temanggung Peduli, Lawan Penyebaran COVID 19

NU Back Packer Temanggung Peduli, Lawan Penyebaran COVID 19

Wabah Pandemi Covid-19 sudah merajalela hampir di penjuru negeri bahkan sampai ke pelosok kampung. Kecemasan terhadap pademi Covid 19 sudah terjadi dimana-mana. Berbagai upaya telah dilakukan baik oleh pihak pemerintah juga pihak masyarakat, tidak terkecuali kabupaten Temanggung. Mulai dari penutupan ruas-ruas jalan kampung, melakukan ibadah dari rumah, juga himbauan penggunaan masker saat berpergian keluar rumah. Akan tetapi keterbatasan masker dan kesadaran masyarakat akan penggunaan masker masih kurang. Oleh karena itu, pada hari Rabu 22 April 2020 bertepatan dengan Peringatan Hari Bumi, Komunitas NU Backpacker Temanggung melakukan kegiatan Berbagi 1000 masker.

Kegiatan tersebut sudah direncanakan 3 minggu sebelum kegiatan terealisasi. Setelah sebelumnya aksi donasi 1000 masker jilid 1 terealiasasi di pasar Kranggan. Pada kali ini kegiatan berbagi 1000 masker dilaksakan di 3 tempat yang berbeda. Sasarannya yaitu sektor sentral di Kabupaten Temanggung yang meliputi zona utara, tengah, dan selatan.

Diawali pukul 02:00 dinihari di zona utara kabupaten Temanggung yaitu Pasar Sayur Ngadirejo. Alasannya karena banyaknya tulang punggung yang rela dan harus keluar rumah demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Sasaran utama yaitu para pedagang sayur yang mayoritas berasal dari lereng Gunung Sindoro. Para pedagang sayur mengatakan sangat senang dan berterimakasih atas aksi berbagi masker ini. “Terimakasih Ya Allah, semoga menjadi amal baik panjenengan sedoyo nggeh mas.”, penuturan salah satu pedagang sayur.

Kedua, yaitu PC LAZISNU TEMANGGUNG yang mewakili zona tengah sektor sentral Kabupaten Temanggung. Diharapkan pendistribusian ini dapat sedikit membantu masyarakat yang wilayahnya sudah terpapar virus Covid-19 dengan tepat sasaran. Pihak Satlak PC LAZISNU mengapresiasi kegiatan sosial ini dan membuka pintu untuk bekerjasama di kegiatan-kegiatan sosial lainnya di waktu yang akan datang.

Aksi yang terkahir yaitu di Kecamatan Tembarak, kecamatan yang menjadi sektor sentral zona selatan Kabupaten Temanggung. Mengingat adanya pasar tradisional yang masih beroperasi dengan ramai, di kecamatan Tembarak ini juga terdapat beberapa orang Alumni Ijtimak Ulama dari Goa, Sulawesi Selatan yang positif Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Test. Hal tersebut di kemukakan oleh pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung beberapa hari lalu.

“Saya atas nama pribadi dan sekaligus yang dituakan dikomunitas NU Backpacker Temanggung mengucapkan terima kasih atas kerja keras jenengan semua dalam penanganan bantuan virus Covid 19. Semoga semua yang terlibat di dalam kegiatan ini menjadikan amal sholeh dan menjadikan jariyah kita semua.” Ungkap Ahmad Sholehan selaku Penasehat NU Backpacker Temanggung.

Koordinator NU Backpacker Temanggung, Dahno, menambahkan, “Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Terima kasih atas donasi dari para donatur dan doa serta dukungan rekan-rekan semua. Sehingga terlaksana sudah kegiatan ini. Semoga kita bisa selalu ikut andil dan ikhlas dalam ikut serta menjadi relawan penanganan covid-19 ini.”

Dengan kegiatan seperti ini, harapan dari NU Backpacker Temanggung yaitu mampu menjadi komunitas yang tidak hanya melakukan kegiatan tadabbur alam dan berpetualang, akan tetapi juga mampu melakukan aksi sosial yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

(Tim Media NU Backpacker Temanggung)

Tinggalkan balasan