Daftar sekarang

Masuk, bos

Lupa Password

Lupa Password? Masukkan email. Kami akan kirimkan link perbaikan

Masuk

Daftar sekarang

Ayo bergabung di NUBACKPACKER

Bawa Sampahmu! BUANG KETEMPATNYA

Bawa Sampahmu! BUANG KETEMPATNYA

Kita ketahui bahwa Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki masalah sampah plastik terbesar ke-dua dunia. Hal ini diakibatkan kurang kesadarannya masyarakat terhadap pengelolaan sampah dan penanganan sampah. Masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Apabila hal ini tidak di tangani maka bisa jadi ekositem yang ada akan rusak.

Kita juga dapat melihat fakta bahwa sampah tidak hanya dibuang sembarang di sungai saja, akan tetapi ada pendaki yang meninggalkan sampahnya digunung, dan membuang ditempat yang tidak seharusnya.

Karena kurang sadarnya seseorang akan sampah, nantinya akan berdampak buruk pada lingkungan sekitar. Baik masyarakat ataupun pengiat alam harus di didik dengan nilai-nilai konservasi, dimana nantinya akan menciptakan kader konservasi yang peduli terhadap lingkungannya.

Program untuk penanganan sampah ini sangat banyak, tinggal kita sadar atau mau tidak untuk melakukanya. Kegiatan penanganan sampah plastik ini diantaranya adalah :

1. Budayakan membuang sampah pada tempatnya.

Hal ini dapat dimulai dari diri sendiri dan dapat ditularkan pada orang sekitar kita

2. Bawalah sampahmu saat turun mendaki.

Gunung tercacat memiliki banyak sampah yang ditinggalkan oleh pendaki. Karena itu sebagai pengiat alam harusnya kita sadar dan membawa sampah kita ketika sudah selesai mendaki. Dan alangkah baiknya kita juga ikut memungut sampah yang ditinggalkan oleh pendaki yang kurang bertanggung jawab untuk menjaga ekosistem gunung

3. Menjalankan program PROKASIH (Program Kali Bersih).

Jal ini bertujuan untuk tetap menjaga ekosistem sungai dan menjaga kebersihan sungai

4. Mengolah sampah plastik atau mendaur ulangnya.

5. Meminimalisir penggunaan sampah plastik.

Program seperti ini harus kita terapkan dalam kehidupan, baik dari diri sendiri, keluarga, masyarakat, maupun komunitas atau organisasi yang kita ikuti. Hal ini, dilakukan agar ekosistem dibumi tetap berlangsung dengan baik dan tidak tergangu. Karena sudah sepantasnya kita sebagai manusia yang di beri amanat untuk menjaga bumi dapat terlaksana dengan baik.

About Khairumam

Kalem mawon

Tinggalkan balasan