Daftar sekarang

Masuk, bos

Lupa Password

Lupa Password? Masukkan email. Kami akan kirimkan link perbaikan

Masuk

Daftar sekarang

Ayo bergabung di NUBACKPACKER

NUBACKPACKER Munculkan Jiwa Sosial Komunitas Lokal, Edisi Kebumen Berbagi

NUBACKPACKER Munculkan Jiwa Sosial Komunitas Lokal, Edisi Kebumen Berbagi

 

Nubackpacker Kebumen adalah salah satu cabang komunitas Nubackpacker yang berpusat di Kabupaten Purworejo. Sejak terbentuknya di Kabupaten Kebumen, mereka aktif menggaet komunitas lokal di setiap kegiatan. Seperti camping bersama, bersih sampah, dan belum lama ini mereka mengadakan aksi sosial untuk keluarga terdampak covid-19.

Kegiatan yang dinamai ‘Kebumen Berbagi‘  itu diikut oleh komunitas Siaga Peduli Kebumen, Paguyuban Wong Kebumen, Kebumen Darbuka Club, Syekher Mania Kebumen, Hiskeb, Mbo Lovers, dan Santri Online Kebumen.

Senin, 20 April 2020 Nubackpacker Kebumen mengumpulkan beberapa perwakilan dari komunitas tersebut di grup WhatsApp. Mendapat antusias komunitas tersebut, Nubackpacker Kebumen langsung meminta ide dan menuangkan di grup Online itu juga.
Mereka juga hanya mengadakan tiga kali pertemuan mengingat tentang virus ini yang semakin merebak. Pertemuan pertama untuk menyusun struktural dan konsep kegiatan. Pertemuan kedua untuk pematangan konsep dan pengalokasian dana dan terakhir langsung eksekusi. Meskipun hanya bermodalkan pamflet yang disebarkan Online, mereka tetap saling suntik semangat demi berlangsungnya kegiatan tersebut.

Perkenalan dan pertemuan yang sangat singkat itu sangat penuh kesan bagi beberapa orang yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Perbedaan pendapat, struktural yang salah tangan, bahkan nilai kekompakan yang masih sangat minim.

“ Sengsara, tertekan, terbebani, kurang berguna dsjnya😬” curhat Fajar, ketua kegiatan.

Namun yang paling penting adalah jiwa sosial mereka sudah muncul sejak kemauan mereka untuk bergabung. Tanpa pamrih mereka rela turun ke jalan untuk membagikan donasi dengan target tukang becak, tukang ojek, dan tukang parkir.

Selasa, 19 Mei 2020 mereka langsung eksekusi ke beberapa titik pembagian donasi yang di sepakati yakni, Terminal Kebumen, Pasar Sruni, Rel Kereta MAN 2 Kebumen, Pasar Jabres, dan Pertigaan Pasar Sruweng.

“Salut buat santriwan/santriwati beberapa komunitas. Masih muda sudah punya jiwa sosial yang tinggi. Menyatukan beberapa komunitas bukanlah hal yang mudah, tetapi kalian hebat, bisa bersatu dan kompak. Walaupun dengan perbedaan pendapat yang tadinya alot, tetapi tetap satu tujuan, yaitu berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Walau kalian tidak saling kenal, bertemu baru kali itu, tetapi erat dalam persaudaraan.” Ungkap Bunda Febian, perwakilan dari Paguyuban Wong Kebumen. “KEREN DAN TETAP KOMPAK SERTA SEDULURAN YANG ERAT” imbuhnya.

Setelah kegiatan tersebut selesai, semuanya pun berharap silaturahim mereka tetap terjaga. Ada beberapa diantara mereka yang ingin mengganti nama ‘Kebumen Berbagi’ dengan nama lain yang unik-unik.

“Apapun wadahnya, kebaikan tetap kebaikan. Salut sama teman-teman yang antusias dan ikut berkontribusi dalam kegiatan kami. Terimakasih sangat banyak untuk teman-teman dan para donatur. Semoga kita semua bisa semakin mesra”, ungkap Kunti Khusaeni, Koordinator Nubackpacker Kebumen. (20/05/20)

About Kunti Khusaeni

Orang yang enggan berdiam diri dan memilih bergerak melewati tapal batas demi perubahan

Follow Me

Tinggalkan balasan