Daftar sekarang

Masuk, bos

Lupa Password

Lupa Password? Masukkan email. Kami akan kirimkan link perbaikan

Masuk

Daftar sekarang

Ayo bergabung di NUBACKPACKER

Mari Menabung Menuju Muktamar Lampung

Mari Menabung Menuju Muktamar Lampung

Siapa sangka NUBACKPACKER yang muncul pertama kali pada Muktamar Jombang, kini sudah akan menghadapi Muktamar lagi di Provinsi Lampung. PBNU baru saja memutuskan muktamar NU ke-34 akan berlangsung di Provinsi Lampung pada September 2020.

Jika mulanya perjalanan sobat-sobat Nubackacker itu terbatas dalam perjalanan dari gunung ke gunung atau dari kota ke kota, satu ungkapan syukur yang luar biasa ketika akhirnya kami bisa melalui perjalanan dari Muktamar ke Muktamar yang pertama.

Kemarin lusa saya umumkan ke grup, “Mari Menabung Menyambut Muktamar”. Beberapa sobat Nubackpacker di daerah sangat antusias. Ada semangat bergelora tersendiri untuk menyambut event akbar NU ini. Bukan saja karena Muktamar adalah rahim NUbackpacker, tapi juga karena semangat kami sebagai bagian kultural atau bagian non-struktural NU untuk bisa menjadi simbol bahwa Muktamar bukanlah hajatan-hajatan formal dan struktural. Muktamar bukan sebatas pergantian tampuk kepemimpinan, namun juga hajat besar yang mesti disambut oleh semua lapisan warga nahdliyyin. Yang struktural maupun yang liar. Yang kyai hingga yang jalanan. Sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk memberikan sumbangan dalam segala hal agar NU yang kita cintai semakin ngremboko. Mau jadi suporter, mau jadi pengombyong, mau jadi perwakilan forum atau mau nyalon sekalian, monggo bebas. Yang penting semangat khidmat kita menjadi landasan.

Pemilihan Lampung sebagai tuan rumah Muktamar yabg ke 34 ini juga menjadi kabar baik tersendiri bagi kami. Ada banyak kebetulan, misalnya saja sebelum NU mengampanyekan Qurban tanpa Sampah dan Gerakan Kepedulian terhadap Sampah, NUBACKPACKER bukannya mendahului, tapi secara kebetulan telah meletakkan program tersebut sebagai fokus utama selama setahun kedepan. Jadi klop. Kebetulan juga di Pulau Sumatera, Lampung adalah Lingkar Daerah pertama dan terbesar NUBACKPACKER. Tak seperti di Jawa yang telah memiliki puluhan lingkar daerah, Lampung masih kekurangan teman untuk bisa bareng-bareng mengenalkan gagasan-gagasan NUBackPacker di Sumatera. Akhir-akhir ini Jambi, Riau, Aceh dan beberapa daerah di Sumatera menyatakan keinginan pendirian. Nah, siapa tahu sama seperti halnya Muktamar di Pulau Jawa yang memberi ruang perkenalan NUBackPacker di Jawa, akan terulang dalam cerita Muktamar di Pulau Sumatera kali ini.

Menyambut Muktamar kali ini NUBackPacker juga sudah semakin dewasa. NUBackPacker baru saja merampungkan dua agenda nasional, GATHNAS dan SILATNAS di tahun 2019 ini. NUBackPacker juga baru saja meluncurkan kanal diskusi soal lingkungan dan pengelanaan di Nubackpacker.Org. Selain itu NUBackPacker juga sedang merancang konsep kemandirian ekonomi yang diharapkan mampu menjadi tulang punggung komunitas. Ada banyak ide dan gagasan yang akan diperkenalkan di Muktamar nanti. Sampai saat itu kami terus berdoa dan terus bergandengan tangan untuk bersama melangkah maju kedepan.

Jadi, ayo menabung menyambut Muktamar kali ini. Kekurangan biaya tak jadi halangan bagi kita para pengelana. Masih ada waktu untuk terus menabung, baik soal biaya hingga gagasan-gagasan liar. Jadilah manusia yang baik, tidak sombong dan rajin menabung! Tossss.

About mbahdoyok

Ya gini aja deh

Komentar ( 1 )

Tinggalkan balasan