Apa saja yang perlu disiapkan untuk pendakian?

Topik

Hai sob, aku belum pernah mendaki gunung. Palingan cuma beberapa bukit saja pas aku ziarah misalkan gunung pring magelang magelang dan gunung muria di kudus atau di beberapa bukit di sekitar sini saja

Pengen nanya sama sobat nubackpacker, apa sih yang perlu dipersiapkan jika kita ingin mendaki?

in progress 1
azzuham 1 bulan 11 respon 86 kali 1

Answers ( 11 )

  1. Hati yang kuat biar ga mudah lavar ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

  2. Fisik dan mental pastinya,ditambh spritual jangan lupa .
    Dan dari fisik itu sendiri bisa dijabarkan lagi seperti :
    1. Kondisi tubuh harus fit benar benar dalam keadaan bugar jasmani.
    2. Peralatan harus safety
    3 . Dan lain lain.

    Mental :
    1. harus optimis
    2. Jangan mudah goyah dijalan heuheu๐Ÿ˜Œ

  3. Kalo aku, logistik number one. Gak papa dah gak bawa make up apa lagi parfum. Yang penting logistik FULL. Setelah puncak, baru deh di bagi2 ke pendaki lain.
    .
    Tapi itu hanya bayangan. Nyatanya sistem imun tubuhku tidak bisa bertahan di kondisi dingin seperti di puncak. Hehe

    • Terus berlatih pernapasan. Seperti halnya orang berenang butuh latihan terus menerus

      1. Latihan Fisik
      Mulai dr yg sederhana, lari dan olahraga rutin

      2. Mencoba Mendaki dari Gunung Yang Rendah
      Kamu bisa mencoba Andong atau Prau

      Kalau memang tidak kuat, masih banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan di dunia ini

      #backpackerantisampah

  4. Macam macam peralatan dan logistik yang saya kutip dari Pesona Indonesia

    1. Jaket
    Jaket merupakan perlengkapan mendaki gunung yang wajib dibawa setiap pendaki. Ini karena, cuaca gunung yang begitu dingin. Penggunaan jaket juga untuk menghindari terjadinya hipotermia.

    2.Tenda
    Tenda tentu menjadi peralatan wajib bila pendaki memutuskan menginap di gunung. Di alam terbuka, tidur ditenda tentu lebih nyaman dan hangat. Tenda dapat melindungi pendaki dari guyuran hujan dan teriknya matahari.

    3.Sleeping bag
    Sleeping bag sangat penting dalam pendakian. Menggunakan sleeping bag ketika tidur akan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Menggunakan sleeping bag juga dapat mengurasi rasa dingin.

    4.Matras
    Matras dibentang dalam tenda sebagai alas tidur pengganti tikar. Dengan matras, tubuh tidak langsung menempel di lantai tenda yang begitu tipis. Tanpa matras, suhu dingin dari tanah bisa langsung menusuk tubuh. Apalagi dalam keadaan hujan, matras jadi pelindung dari rembesan air tanah.

    5.Jas hujan
    Jas hujan penting dibawa dalam setiap pendakian khususnya saat musim hujan. Dengan menggunakan jas hujan, meminimalisir pendaki dari basah kuyup yang dapat memicu hipotermia.

    6.Pakaian ganti
    Mendaki gunung adalah aktivitas yang menguras keringat. Namun suhu yang dingin membuat tubuh cepat menyerap keringat. Tapi, tetap saja baju yang terpapar keringat dapat memicu tubuh terkena jamur, bila tak kunjung diganti. Apalagi bagi yang bau badan, tidak mengganti pakaian dapat mengganggu teman seperjalanan.

    7.Sarung tangan dan kaos kaki pengganti
    Sarung tangan dan kaos kaki sangat dibutuhkan pendaki di gunung. Sarung tangan dan kaos kaki dapat meminimalisir dingin. Upayakan bedakan kaos kaki untuk tidur dan yang dipakai untuk perjalanan.

    8.Senter
    Tanpa senter, pendaki akan kesulitan berjalan di malam hari. Sehingga, senter merupakan peralatan wajib yang harus dibawa, agar tidak merepotkan teman seperjalanan.

    9. Tisu kering dan basah
    Tisu kering maupun basar berguna selama pendakian. Tisu dapat dipakai untuk membersihkan diri usai buang air dan dapat membersihkan peralatan makan.

    10. Makanan dan minuman
    Makanan dan minuman sudah pasti harus dibawa dalam pendakian. Tanpa makanan dan minum yang cukup, tubuh akan lemah dan dehidrasi.

    11. Obat-obatan dan P3K
    Obat-obatan di gunung tak melulu dipakai bila selama perjalanan tubuh dalam keadaan fit. Tapi alangkah baiknya membawa obat-obatan sebagai langkah antisipasi bila kondisi tubuh tiba-tiba ngedrop maupun terluka.

    12. Trash Bag
    Jangan pernah tinggalkan sampah di gunung. Maka dari itu, pendaki harus membawa trash bag sebagai wadah sampah selama pendakian berlangsung.

Leave an answer