Berbagi Kisah Unik Saat Pendakian

Topik

Melalui Thread ini berbagi pengalaman soal pendakian yuk gaes. Pengalaman unik hingga misteri.

MEMASAK SARIMI DENGAN AIR BEKAS SARIMI

Kejadian ini terjadi saat pendakian di Gunung Sumbing sekitar Tahun 2009, waktu itu Gunung Sumbing belum begitu ramai apalagi bukan weekend.

Ya, gunung kan ramai sejak ada film 5 Cm. Iya gak to… Waktu itu kami melakukan pendakian dengan bekal seadanya, bahkan kalau boleh jujur logistik air sangat tidak memadai. Ini disebabkan peserta pendakian yg bertambah mendadak. Dulu SOP pendakian belum seketat sekarang, dan kebetulan jalur yang kamu lalui adalah jalur tidak resmi.

Aku yang mungkin ‘dianggap’ lumayan galak bertugas menjaga persediaan logistik yang terbatas itu. Aku ingat sekali, ketika malam-malam menyembunyikan logistik makanan, waktu itu hanya beberapa kg beras dan sarimi di sela-sela bebatuan. Bukan bertujuan buruk ya, ini hanya untuk berjaga-jaga agar semua logistik yang keluar bisa terkontrol. Tentu berbeda jika logistik membawa sendiri-sendiri. Karena memang beberapa peserta dadakan, hasilnya ya logistik tergantung pada beberapa orang saja. Dengan alasan itulah, pemakaiannya pun di perketat.

Malam hari itu kami mulai membuat kopi dan beberapa bungkus mie. Nah, uniknya disini karena setelah makan mie, airnya aku larang untuk dihabiskan. Untuk keperluan apa? Air bekas masakan mie itu aku sharing dan aku simpan kembali untuk masak keesokan harinya. Ya, pagi harinya kami memasak mie dengan air bekas mie. Hahaha memang gila.

Untungnya agak sore, hujan turun. Aku bersama beberapa orang berputar mengunpulkan air dari genangan hujan dan memilih-milih air yang kiranya sehat untuk diminum. Maklum di Sumbing beberapa kan merupakan resapan saluran kawah. Air yang dikumpulkan itulah yang ajhirnya sangat berguna untuk kebutuhan minum saat perjalanan turun.

Sejak saat itu aku jadi sadar betul pentingnya manajemen logistik saat pendakian. Bahkan jauh lebih dari itu, persiapan kebutuhan makan, minum dsb nya harus di persiapkan dgn maksimal agar memberikan kenyamanan dan keselamatan yg maksimal saat melakukan pendakian.

Ini sedikit cerita unik dan konyol. Bagaimana ceritamu kawan?

in progress 0
mbahdoyok 1 bulan 4 respon 80 kali 3

Answers ( 4 )

  1. Betul itu, logistik emg jadi hal vital dalam pendakian.. terutama air
    Sy pernah sweeper in temen cewek di suwanting, temen” yg lain udah pada turun.. eh kelupaan air yg dibawa tinggal seperempat botol, tiba-tiba temen cewek sy itu pamit mau boker & minta air
    Muke gile, air tinggal seperempat botol buat minum malah dipake cebo*kšŸ˜… alhasil kita turun sambil minta” air sama pendaki lain di trek šŸ˜·

  2. g bisa berkata2 kalo soal pendakian mah, hanya ada di angan2

Leave an answer