Daftar sekarang

Masuk, bos

Lupa Password

Lupa Password? Masukkan email. Kami akan kirimkan link perbaikan

Masuk

Daftar sekarang

Ayo bergabung di NUBACKPACKER

Maanfat Dibalik Uang 2.000 Yang Kecil

Maanfat Dibalik Uang 2.000 Yang Kecil

Zaman semakin maju dan berkembang dari berbagai aspek dan sumber. Tidak terkecuali dengan uang. Nilai mata uang pun naik turun secara fluktuatif. Tapi meski begitu tak dapat kita pungkiri bahwa uang merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh manusia.
Kenapa begitu? karena uang saat ini digunakan sebagai salah satu alat tukar menukar atau alat transaksi jual beli barang. Setiap ingin membeli sesuatu maka alat yang kita gunakan untuk membayar ialah uang. Bahkan, begitu pentingnya uang untuk manusia sampai ada ungkapan, “waktu adalah uang”
Untuk sobat NU Backpacker, adakah yang menggunakan ungkapan tersebut?

Boleh saja sobat-sobat menggunakan ungkapan tersebut. Tapi, kita juga harus waspada. Jangan sampai menghambakan uang! Lagi pula, sebanyak apapun uangnya juga akan habis. Apalagi jika kita hanya memanfaatkannya untuk belanja, belanja dan belanja. Ya begitulah, uang selalu habis.

Tapi nih ya, ada loh uang tidak akan habis mekipun kita gunain. Malahan akan bertambah banyak ! Bahkan yang kita gunain Cuma 2.000,-. Eh, kok bisa? Masa Sih? Emang ada ya? Dimana-mana kan kalau kalau uang digunain akan habis!! Apalagi Cuma 2.000,- pula. Itukan uang kecil. Ah bohong nih?
Tentu saja ada dong. Uang yang kita gunakan untuk bersedekah meskipun 2.000,-. Uang yang kita sedekahkan bukanya akan berkurang malahan akan bertambah loh. Bukanya Allah SWT telah berfirman dalam firman-Nya yang artinya : “Siapakah yang mau memberikan pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rizki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan” Q.S. Al Baqarah : 245

Diayat yang lain juga disebutkan : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” Q.S. Al Baqarah : 261.

Sobat NU Backpacker, kadang kita sering menyepelekan bahkan menganggap bahwa uang 2.000,- itu sangat sedikit. Tapi kenyataannya, dibalik uang 2.000,- ada balasan yang banyak . Coba yuk kita hitung berdasarkan ayat di atas! Banyak kan yang kita dapat dari Allah? Jadi, Jangan lupa bersedekah ya meskipun hanya 2.000,-.

(Ditulis dan diolah berdasarkan kegelisahan dari sobat Muhammad Faqih Ulumuddin NU Backpacker Temanggung)

About tritoro

Tinggalkan balasan